PENINGKATAN SUMBER DAYA  MANUSIA DALAM MENINGKATKAN  PRODUKTIVITAS  KERJA  KARYAWAN PADA PT. ASRA MULTI PRIMA CIBITUNG - BEKASI

Abstrak 

Mengacu pada temuan penelitian dipaparkan dalam Bab IV maka dapat dijabarkan sebagai berikut:  

1. Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan fihak ASRA MULTI PRIMA berdasarkan penelitian dengan menggunakan analisa korelasi diketahui bahwa: terdapat hubungan positif antara peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan terhadap produktifitas kerja, hubungan antar variabel dinyatakan memiliki keeratan sebesar 22 % atau 0,22. Adapun hubungan antar variabel masih dipngaruhi faktor-faktor lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi kedua fariabel diketahui sebesar (0,22)2 x 100% = 0,048 atau 4,8%, dengan demikian faktor lain sebesar 95,2%, sehingga hasil pendidikan dan pelatihan perlu ditingkatkan guna meningkatkan produktifitas.

2. Secara empirik prouktivitas kerja pegawai pada PT. ASRA MULTI PRIMA dipengaruhi oleh pendidikan dan pelatihan, akan tetapi hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan bukan merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja pegawai, melainkan terkait pula dengan faktor lain, seperti pegawai, serta faktor kesejahteraan pegawai.

3. Dari hasil uji hipotesis penelitian tersebut, terdapat hubungan yang positif antara peningkatan SDM dengan produktivitas kerja pegawai di PT. ASRA MULTI PRIMA. Berdasarkan hasil analisa koefisien diterminan dapat diketahui hasil responden terhadap peningkatan SDM melalui pendidikan dan pelatihan sebesar 4,8% dengan demikian nilai hubungan antara kedua variabel dapat memiliki hubungan positif, kendatipun masih lemah.

Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan tersebut di atas, peneliti memberikan saran sebagai berikut:

1. Dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, sebaiknya PT. ASRA MULTI PRIMA lebih menekankan pada prinsip demokrasi, prinsip penempatan orang yang tepat dalam posisi yang tepat, prinsip kesatuan arah dan tujuan, prinsip kesatuan komando, prinsip wewenang dan tanggung jawab, serta prinsip balas jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip tersebut belum dilaksanakan dengan baik, sehingga dikemudian hari dapat dilaksanakan lebih baik.

2. Kepada pegawai yang berprestasi, hendaknya PT. ASRA MULTI PRIMA memberikan penghargaan baik dalam bentuk pujian, materi dan promosi jabatan.

3. Untuk menghindarkan adanya kecemburuan jabatan, hendaknya dihindarkan adanya pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan serta pengalaman yang sama dalam posisi yang berbeda, karena hal tersebut dapat menimbulkan tekanan psikologis yang akan mengganggu prestasi kerja pegawai tersebut.  

Untuk memberikan gambaran yang jelas dan menghindari terjadinya kesimpangsiuran dalam struktur organisasi dan tata kerja PT. ASRA MULTI PRIMA, sebaiknya Struktur Organisasi Pendidikan dan Pelatihan Pegawai berdiri sendiri/terpisah dari Struktur Organisasi PT. ASRA MULTI PRIMA sehingga mekanisme dari pada pelakanaan pendidikan dan pelatihan pegawai dapat tercapai.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Keberadaan Karyawan dalam suatu organisasi mempunyai peran yang sangat strategis untuk melaksanakan tugas dan kegiatan organsiasi dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun jatidiri seorang karyawan yang berguna dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan adalah karyawan yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Negara, organisasi serta bersatu padu, bermental baik, berwibawa, kuat, berdaya guna, berhasil guna, bersih, berkualitas tinggi, sadar akan tanggung jawabnya.

Salah satu wujud pendekatan dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan adalah dengan melalui pendidikan dan pelatihan. Sebab pendidikan dan pelatihan merupakan sarana peningkatan kemampuan dan keterampilan teknis karyawan. Ini berarti pelatihan karyawan pada setiap organisasi, mempunyai arti penting yang memungkinkan diperolehnya karyawan yang berkualitas.

Karyawan yang berkualitas dalam arti memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan kerja yang baik pada saat ini memang sangat diperlukan, sejalan dengan semakin kompleksnya beban tugas pemerintahan dan pembangunan. Lemahnya kualitas sumber daya karyawan tentu juga akan mengakibatkan lemahnya organisasi pemerintahan kita yang kini semakin dituntut untuk meningkatkan pembangunan di segala bidang kehidupan seiring dengan perkembangan Iptek.

PT. ASRA MULTI PRIMA, adalah salah satu perusahaan  swasta bergerak  dalam bidang Forwarder, yang kegiatannya menangani pengiriman barang baik impor maupun ekspor. Dalam kegiatannya tersebut harus didukung dengan ilmu manusia yang  berkualitas  dalam arti memiliki kemampuan ilmu pengetahuan  dan keterampilan   yang  baik.  Dalam  hal  demikian   berarti  pendidikan  dan  pelatihan karyawan di PT. ASRA MULTI PRIMA  yang diperoleh adalah diklat teknis change freight forwordel.

Dalam  pengamatan  di PT. ASRA MULTI PRIMA,  penulis  dapat berasumsi  bahwa para karyawan atau karyawan instansi  ini terlihat  belum  produktif dalam  melaksanakan  tugas  dan pekerjaan.  Hal  ini dapat diamati dalam  kesibukan  kerja para  karyawan  PT. ASRA MULTI PRIMA  sehari-hari  yang  tampaknya kurang  merata pada semua unit kerja yang ada di  Instansi ini, karena terdapat unit kerja tertentu yang penuh dengan kesibukan  kerja,  sementara  ada  unit  kerja  lain  yang karyawannya  melakukan  kegiatan  yang  kurang   produktif. Adanya  fenomena  yang menunjukkan  produktivitas  yang belum optimal  itu,  maka pendidikan  dan pelatihan karyawan sangat penting  keberadaannya.

Atas dasar hal-hal tersebut, maka penulis  tertarik mengkajinya  dalam bentuk  penulisan  skripsi  yang berjudul  :"Peningkatan Sumber Daya  Manusia  Dalam Meningkatkan  Produktivitas  Kerja  Karyawan Pada PT. ASRA MULTI PRIMA".  

B. Permasalahan

Berdasarkan  latar  belakang  masalah,  maka  pokok permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Bagaimanakah  hubungan peningkatan Sumber Daya Manusia dengan Produktivitas Kerja  Karyawan pada PT. ASRA MULTI PRIMA Cibitung Bekasi?

2. Sejauhmana pengaruh  peningkatan Sumber Daya Manusia terhadap peningkatan produktivitas   kerja   karyawan  pada   PT. ASRA MULTI PRIMA ?

3. Hambatan-hambatan   apa  yang   mempengaruhi    tingkat  produktivitas kerja karyawan pada PT. ASRA MULTI PRIMA ?

C. Tujuan dan Manfaat  Penelitian

Tujuan  penelitian ini adalah utnuk mengetahui sejauhmana pengaruh peningkatan sumber daya manusia terhadap peningkatan produktivitas   kerja   karyawan  pada   PT. ASRA MULTI PRIMA.

Sedangkan manfaat penelitian ini adalah memberikan masukan pada PT. ASRA MULTI PRIMA terhadap upaya peningkatan produktivitas kerja keryawan.

D. Metode Penelitian

Metode   dan  teknik  penelitian  dalam   penyusunan skripsi  ini,   penulis   menggunakan  metode   deskriptif analisis  kualitatif, dalam arti mencoba  menggunakan  data informasi  yang  dilakukan pada saat penelitian,  kemudian menganalisanya   untuk  menemukan  jalan  pemecahan   yang dihadapi.

Adapun teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan adalah sebagai berikut :

1. Penelitian Kepustakaan (Library Research)

Melalui penelitian ini, penulis membaca dan mempelajari berbagai  macam  yang erat  hubungannya  dengan  materi penulisan  skripsi ini guna mendapatkan data dan  bahan selengkapnya.

2. Penelitian Lapangan (Field Reserach)

a. Observasi

Untuk  mendapatkan data yang lebih  efektif  penulis terjun  langsung ke lokasi penelitian  untuk  mendapatkan  data  tentang  bagaimana   peningkatan sumber daya manusia guna  meningkatkan  produktivitas  kerja  pada   PT. ASRA MULTI PRIMA.

b. Wawancara

Melalui  tehnik penelitian ini  penulis  memperoleh, data  dengan  jalan mengadakan  tanya  jawab  dengan  pejabat   dan   staf  di  lingkungan  PT. ASRA MULTI PRIMA. Wawancara    ini   dimaksudkan   untuk    memperoleh keterangan yang lebih banyak tentang    permasalahan yang  dibahas.  

E. Hipotesis

Berdasarkan latar belakan dan permasalahan di atas, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah : “Apabila peningkatan sumber daya manusia dilakukan secara tepat, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan”.

F. Pembabakan Thesis

Untuk   memberikan  gambaran  yang   jelas   tentang penulisan thesis yang berjudul "Peningkatan Sumber Daya   Manusia   Dalam Meningkatkan  Produktivitas  Kerja  Pada  PT.   ASRA MULTI PRIMA", penulis  membagi dalam V (lima) bab, dimana  masing-masing bab  terdiri  dari sub bab dan permasalahan  yang  penulis temukan dan penulis amati.

BAB   I: PENDAHULUAN

Pada  bab ini berisikan latar belakang  masalah, permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, hipotesis dan pembabakan thesis.

BAB  II: LANDASAN TEORI

Pada  bab ini mengutarakan kajian teoritis  yang meliputi  uraian konsep, teori  dan  hasil-hasil penelitian    yang   ada   hubungannya    dengan penelitian yang akan dibahas.

BAB III: TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

Dalam  bab ini berisikan tentang  gambaran  umum tentang  perusahaan yang  meliputi  sejarah dan perkembangan PT. ASRA MULTI PRIMA,  struktur organisasi dan uraian tugas, serta bidang usaha PT. ASRA MULTI PRIMA.

BAB IV: ANALISIS  DAN PEMBAHASAN

Pada  bab ini, merupakan bab   pembahasan   yang membahas     tentang   masalah dan hubungan peningkatan sumber daya manusia dengan produktivitas kerja karyawan pada PT. ASRA MULTI PRIMA.

BAB V: P E N U T U P

Pada bab ini merupakan bab penutup, yang berisikan  kesimpulan  dan saran  yang  diajukan oleh penulis.